Eksekusi Bulan Ini, what's on|

Jauh merantau dari Purbalingga, kakek Suandi bersemangat menjual bantal dan guling dengan berjalan kaki hingga PIK Cakung, Jakarta Timur. Di umur yang sudah senja, 74 tahun, kesungguhan beliau membuat banyak sahabat dan donatur KNJ menitipkan rezeki yang bersyukur telah kami sampaikan dalam project eksekusi ke-59 Maret 2022 lalu.

Kakek Suandi menjual satu bantal dan guling seharga Rp35 ribu dan bantal cinta seharga Rp75 ribu. Beliau berjualan dengan mendorong gerobak hingga PIK Cakung yang berjarak lumayan jauh, sekitar 2,5 kilometer. Beliau mulai berdagang dari pukul 15.00 hingga 21.30 WIB. Satu gerobak sendiri berisikan 31 bantal.

Sistem penjualannya sebagai berikut. Kakek Suandi terlebih dahulu mengambil barang di atasannya. Beliau akan menyetor hasil penjualan setelah ada bantal yang terjual. Pendapatan beliau Rp5 ribu untuk satu bantal yang terjual.

Wabah COVID-19 membuat penjualan beliau menurun, bahkan sering tidak laku. Ketika tidak laku, beliau tidak akan makan dan meminjam tetangga atau teman seprofesinya. Bahkan, beliau seringkali makan di warteg dengan jaminan akan membayarnya setelah jualannya laku. Kakek libur berjualan pada Senin. Beliau sendiri tinggal di mess milik atasannya di Jalan Warung Doyong, Kecamatan Cakung.

Saat kami mendatangi beliau saat project eksekusi tersebut, beliau belum sempat pulang kampung sebab belum mempunyai uang. Beliau harus mengumpulkan dulu dari hasil jualannya untuk bisa dikirim uang ke istrinya di kampung. Beliau memiliki empat orang anak dimana satunya sudah meninggal dunia. Dua lainnya sudah berkeluarga dengan bertempat tinggal di Jakarta dan Banten. Komunikasi mereka lebih sering via telepon.

Kakek merasakan sesak nafas dan batuk. Beliau mengandalkan jamu sebagai obatnya.

Beliau masih berjualan karena tidak mau merepotkan anak. Suatu hari nanti beliau ingin bisa membuka usaha kelontong bersama sang istri. Beliau menguncapkan banyak terima kasih kepada donatur dan mendoakan anggota KNJ.

Editor: Eny Wulandari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close Search Window