Kegiatan internal KNJ, what's on|

Usai menjalankan 17 project eksekusi penyerahan donasi dari donatur hingga Februari 2017, KNJ mengawali project jangka panjang dengan memilih nenek Halimatun Sa’diyah sebagai sosok mulia/solia yang akan memperoleh bantuan secara intensif selama enam bulan.

Kami memilih nenek Halimatun, sekitar 80 tahun, sebagai target project jangka panjang perdana ini sebab beliau tidak mempunyai tempat tinggal yang layak. Penghasilan beliau juga kecil sebab hanya menjual bumbu dapur dan alat-alat dapur di depan gerbang rumah susun Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Salah satu contoh barang dagangannya adalah abu gosok seharga Rp3 ribu per buah.

Wanita yang satu ini begitu tangguh. Ia bekerja setiap hari tanpa hari libur. Berangkat pagi lalu baru pulang sore harinya. Untuk mencapai tempat jualan, nenek Halimatun harus membayar ojek setiap harinya. Tidak jarang beliau hanya makan satu kali dalam sehari karena penghasilannya yang terbatas.

Melalui project jangka panjang ini kami berharap beliau bisa memperoleh tempat tinggal yang lebih layak dan kebutuhan dagangnya terpenuhi. Nenek ini sendiri telah menerima donasi dari donatur dalam project eksekusi KNJ pada Mei 2016.

Project jangka panjang edisi satu ini kami telah mulai pada Minggu, 26 Februari 2017. Beberapa relawan KNJ berkumpul, berdiskusi terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan di Minggu pagi itu.

nenek Halimatun 3Pagi-pagi kami sudah berada di kontrakan nenek Halimatun yang sebelumnya. Nenek Halimatun membayar total sewa Rp750 ribu untuk tiga kamar, yang hampir semuanya penuh dengan barang bekas milik beliau. Nenek ini sendiri tidur di lorong kamarnya.

nenek HalimatunKami pun mencarikan kontrakan baru bagi nenek. Tarif kontrakan tersebut Rp500 ribu per bulan yang dibayar per tiga bulannya. Selain itu, kami juga membawa nenek ke mall Thamrin City untuk membawa beliau berbelanja kebutuhan untuk kontrakannya yang baru serta makan soto sebagai menu makan siangnya.

Total dana untuk kegiatan hari tersebut mencapai Rp3.487.000 sudah mencakup uang sewa tiga bulan kontrakan nenek yang baru tak jauh dari rumah susun Petamburan, Jakarta Pusat. Beberapa barang yang kami beli untuk kebutuhan nenek Halimatun adalah kasur, bantal dan container plastik penyimpan barang.

nenek Halimatun 4Usai mengantar nenek pindahan ke kontrakan baru dan belanja, kami meneruskan project jangka panjang ini minggu ini. Tahap besar berikutnya yakni mencarikan lapak jualan nenek yang lebih layak. Lapak sekarang tidak mempunyai atap terpal sehingga nenek Halimatun akan kepanasan jika matahari bersinar sangat terang dan kehujanan jika turun hujan.

Tim KNJ sendiri tidak akan membelikan barang dagangan jenis baru sesuai permintaan nenek yang tetap ingin menjual barang seperti yang ia biasa lakukan selama ini. Akan terus kami perbaharui perkembangan project jangka panjang ini melalui website ini.

Kami ucapkan terima kasih banyak kepada para donatur yang telah mempercayakan KNJ untuk menyerahkan donasi ke nenek Halimatun dalam project jangka panjang ini. Semoga program baru ini bisa memberikan manfaat yang lebih berkesinambungan untuk beliau, amiiiiin..

Editor: Eny Wulandari

 

4 Replies to “KNJ Luncurkan ‘Pilot Project’ Jangka Panjang Nenek Halimatun”

  1. Adam Double R says:

    Semoga nenek Halimatun lebih nyaman dan bahagia di kontrakan baru ini

  2. ryan says:

    betah-betah disana ya nek, semoga nenek sehat terus dan dapat menebar senyum untuk semuanya….
    amiin

  3. misqima says:

    Semoga tujuan dari pilot project ini dapat tercapai dan benar-benar memberikan dampak yg komprehensif utk Nenek Halimatun, tentunya dapat memberikan inspirasi utk kita semua. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close Search Window