Kegiatan internal KNJ, what's on|

#SoliaGoesToMall adalah #KNJSocialExperiment kedua Ketimbang Ngemis Jakarta (KNJ) dimana KNJ memberikan pengalaman kepada sosok mulia (solia) untuk berbelanja, jalan–jalan dan senang-senang di pusat perbelanjaan atau mall. Nah, target solia berikutnya ini adalah nenek Sakgila. Usianya sekitar 67 tahun.

KNJ ingin mengajaknya jalan-jalan dan berbelanja. Pagi itu cuaca cukup cerah. Langit yang biasa mendung kini terlihat cerah. Hari ini tim KNJ ingin menjalankan rutinitas seperti yang dijadwalkan sebelumnya. Tim KNJ kali ini berkumpul di satu titik yaitu Pusat Grosir Cililitan atau PGC untuk menjemput nenek Sakgila yang bertempat tinggal di daerah Cililitan, tepatnya di belakang Tol Jagorawi, Jakarta Timur.

nenek SakgilaTim menjemput nenek dengan mobil dikarenakan anggota KNJ yang ikut pada kegiatan ini cukup banyak sehingga efektif bila menggunakan mobil. Ketika tim KNJ menjemput nenek, anak dan cucunya sudah siap. Nenek Sakgila tampak sumringah dan bahagia ketika tim KNJ datang, cucunya pun terlihat bersemangat. Pada awalnya tim KNJ berencana hanya mengajak satu cucu saja namun ditakutkan ada ada rasa iri di antara pihak keluarga, terutama anggota keluarga yang masih kecil, sehingga seluruh cucu nenek ikut serta.

Pada kegiatan ini, tim KNJ menggunakan dua mobil, satu mobil dari tim KNJ dan satu mobil lagi dipesan menggunakan aplikasi online. Pukul 13.00 WIB kami berangkat menuju mall Plaza Semanggi. Alasan memilih mall Semanggi dikarenakan tempat tersebut tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal nenek Sakgila. Waktu yang dibutuhkan dari tempat tinggal nenek hingga ke lokasi kurang lebih hanya satu jam.

Sesampainya di lokasi belanja kami meminjam kursi roda pada bagian customer service untuk membantu nenek berkeliling. Sebelumnya nenek Sakgila dan keluarga belum pernah menginjakan kaki di mall sama sekali. Dan hari ini baru pertama kalinya nenek dan keluarga berbelanja di mall. Kami langsung menuju ke swalayan untuk membeli segala kebutuhan untuk nenek dan keluarga. Kebutuhan yang nenek Sakgila pilih merupakan berbagai kebutuhan sembako dan berbagai macam makanan ringan untuk cucu beliau.

nenek Sakgila4
Setelah selesai berbelanja kebutuhan pokok di swalayan, kami berkeliling mall, jalan-jalan untuk memberikan pengalaman baru kepada nenek Sakgila dan keluarga mengenai keadaan mall Semanggi. Setelah lama berkeliling kami memutuskan untuk makan. Kami memilih d’Cost sebagai tempat untuk makan. Menu yang dipesan oleh nenek merupakan menu favorit beliau, yaitu sayur asam dan ikan gurame. Nenek terlihat begitu lahap. Perasaan bahagia pun dirasakan oleh tim KNJ saat melihat beliau makan sangat lahap.

Sehabis makan, tim KNJ dan nenek melanjutkan jalan-jalan dan berencana mencari sandal untuk nenek. Saat sampai di lokasi, nenek mencoba berbagai macam sandal namun tidak ada yang cocok. Ketika nenek Sakgila menemukan sandal yang cocok, ternyata tidak tersedia nomor yang sesuai dengan ukuran kaki nenek. Sangat disayangkan sekali. Akhirnya tim KNJ dan nenek Sakgila memutuskan untuk pulang saja dikarenakan kondisi nenek yang sudah lelah. Sekitar jam 17.00 WIB kegiatan #SoliaGoesToMall bersama nenek Sakgila, sudah selesai.

nenek Sakgila2Sesampainya di rumah nenek, tim KNJ tidak langsung pulang. Tim KNJ berbincang-bincang sebentar, menanyakan kesan nenek Sakgila mengenai pengalaman baru jalan-jalan di mall. Kebahagiaan nenek Sakgila terpancar jelas sangat bercerita mengenai pengalamannya berbelanja di mall besar seperti mall Semanggi.

Dari adanya kegiatan #SoliaGoesToMall, KNJ mengajak masyarakat Jakarta untuk selalu bersyukur mengenai segala hal yang sudah dipunyai. Bahkan membuka mata masayarakat luas bahwa, “ada loh orang yang belum pernah ke mall sama sekali, masa kita ke mall hanya untuk meningkatkan gengsi semata?” Semoga dari kisah ini warga Jakarta bisa lebih peduli dengan nasib masyarakat kurang beruntung yang membutuhkan pertolongan.

 

Editor: Eny Wulandari

One Reply to “Pengalaman Pertama Nenek Sakgila ke Mall”

  1. thia says:

    Artikelnya bagus 🙂
    sehat-sehat terus ya nek 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close Search Window