Eksekusi Bulan Ini, what's on|

Ia sudah tak lagi mempunyai suami dan anak. Nenek Suminah, 86 tahun, telah kehilangan suami saat beliau sedang hamil enam bulan. Nenek hebat ini pun kehilangan anak pertamanya saat masih berada dalam kandungan satu bulan. Anak kedua juga wafat saat baru berusia tujuh bulan.

Beruntung beliau mempunyai kenalan seorang bapak yang kini merawat sang nenek. Walau tidak mempunyai hubungan darah, bapak ini mengurus nenek Suminah dengan baik. Nenek Suminah tak pernah kehilangan asa untuk bertahan hidup. Pantang bagi beliau menengadahkan tangan meminta belas kasihan orang lain atau mengemis.

Beliau pun berjualan makanan untuk anak sekolahan, seperti nasi goreng, nasi kuning, risol, telur asin, dan lain sebagainya. Ia menawarkan dagangannya tersebut di dekat Sekolah Dasar Kupu-Kupu di kawasan Bangka, Jakarta Selatan. Nenek sendiri tinggal di Jalan Bangka 1 D, Jakarta Selatan.

Alhamdulillah kami berhasil menyampaikan donasi dari donatur untuk nenek inspiratif ini dalam project Desember 2016. Pendengaran beliau sudah kurang baik. Ia juga menderita asam urat yang pernah menyebabkan nenek ini tidak berjualan sekitar dua minggu. Pernah ada cerita pula nenek Suminah akan diangkut oleh satpol PP tetapi beruntung batal sebab ada pertolongan dari orang yang mengenal nenek Suminah.

Terima kasih kami ucapkan kepada semua sahabat KNJ dan donatur berhati mulia yang telah membentu beliau baik berupa informasi, kata-kata baik dan juga donasi. Semoga bisa membantu usaha nenek Suminah di kemudian hari. Terus bantu sosok mulia di sekitar kalian ya sebab sedikit dari kita bisa mungkin berarti banyak bagi mereka.

Penulis dan editor: Eny Wulandari

4 Replies to “Perempuan Tangguh Itu Bernama Nenek Suminah”

  1. Anggun says:

    Semangat terus ya nek. Semoga nenek sehat selalu dan makin banyak orang-orang yg peduli dengan keadaan sekitar. Aminn

  2. Yoel says:

    Dear admin, boleh tahu alamat nenek ini? atau orang yang bisa dihubungi agar bisa mengetahui kondisi dari nenek ini? terima kasih.

    • Eny Wulandari says:

      Halo mas Yoel. Untuk alamat kami sudah sebut di dalam artikel. Silahkan bila ingin berkunjung ke alamat yang tertulis. Sedangkan untuk kontak kami tidak punya. Terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close Search Window