what's on|

Mana dari hal di bawah ini yang biasa kawan KNJ targetkan sebagai resolusi setiap tahun berganti angka?

  1. Ingin cepat lulus kuliah
  2. Ingin kaya
  3. Ingin punya rumah
  4. Ingin ke luar negeri
  5. Ingin nikah
  6. Ingin punya bisnis sendiri yang sukses

Terdengar mainstream bukan?

Kami coba tawarkan alternatif resolusi yang bisa bikin 2017 kalian beda dari biasanya. Kami menyebut pilihan ini sebagai KNJ Campaign Project. Ini adalah eksperimen sosial pertama KNJ, yang akan kami adakan pada 8 Januari 2017 di lima kotamadya di Jakarta.

Ada empat hal yang bisa membuat sahabat KNJ akan menganggap project ini langkah tak biasa awal tahun yang semoga bisa membuat kita semua mengisi 2017 dengan sesuatu yang lebih positif.

1. Mengajak lebih peduli kepada sesama

Bukan hal aneh sekarang ini kita lebih akrab dengan perangkat canggih yang ada di genggaman kita ketimbang berinteraksi dengan sesama, keluarga sekali pun. Mudahnya mengakses teknologi membuat kita jadi manusia yang individualis, terutama yang tinggal di Jakarta. Waktu bermain internet lebih banyak daripada ngobrol bersama keluarga, apalagi mempedulikan sekitar, termasuk mereka yang kekurangan, sosok mulia (solia) di antaranya.

Seringkali uang kita habis untuk membeli kuota internet. Padahal kita bisa menyisihkan uang untuk membantu dengan membeli barang atau jasa solia dan berusaha menganggap keberadaan mereka. Dengan banyak membeli barang atau menggunakan jasa mereka secara langsung kita turut membantu mereka agar tidak mengemis, bahkan bisa secara perlahan mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

2. Meluangkan waktu bersama manusia bukan gadget

Sudah bukan pemandangan yang langka melihat satu keluarga dalam satu meja makan di restoran justru asyik memandang smartphone masing-masing bukannya berbicara. Mungkin sobat KNJ pernah merasa dicuekin oleh lawan bicara sebab mereka malah melihat ponsel daripada melihat mata dan wajah kalian yang sedang mengajak ngobrol. Lewat #KNJSocialExperiment ini, kami mengajak rekan semua selama beberapa jam berinteraksi dengan solia dan relawan KNJ. Juga berinteraksi dengan siapa pun yang nantinya di lokasi acara secara spontan ikut ambil bagian dalam acara ini. Kami berharap momen ini bisa membuat kita kembali menyadari pentingnya berkomunikasi secara langsung, bukan melulu melalui gadget.

3. Menolong pedagang kecil dengan membeli dagangannya

Pernahkan kawan terkadang makan di tempat mewah cuma demi status di media sosial? Atau jangan-jangan kita termasuk salah satu yang bangga membeli dengan harga mahal di pusat perbelanjaan bergengsi tetapi pelit terhadap pedagang kecil bahkan menawar sampai habis-habisan untuk harga barang yang tidak seberapa? Kampanye kali ini ingin menyadarkan betapa uang yang kita belanjakan untuk pedagang kecil, termasuk solia, tak hanya membuat mereka bisa makan dan minum tetapi juga sebagai modal berjualan keesokan harinya. Kecil dari kita tetapi bisa berarti banyak bagi mereka, yang juga sesuai dengan slogan KNJ, #memberidenganmembeli.

4. Berkontribusi lebih banyak ke masyarakat

Acara Minggu esok juga berharap dengan semakin tergerak kita membeli barang dari solia berarti kita tersadar akan sumbangsih kita ke publik. Membeli barang dari solia secara perlahan mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

Berbicara mengenai kemiskinan tentu akan diiringi dampak negatif dari hal tersebut. Salah satunya adalah munculnya banyak pengemis, terutama kota besar seperti Jakarta. Saat ini penyebab dari meminta-minta bukan hanya karena kesulitan ekonomi. Tetapi pengemis sudah menjadi semacam profesi bagi mereka yang malas bekerja. Fenomena tersebut sudah menjadi hal yang biasa kita lihat sehari-hari. Berbagai usaha dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi angka pengemis di Jakarta, mulai dengan melakukan razia, pembinaan dan juga himbauan untuk tidak memberikan uang untuk para pengemis. Namun penghasilan profesi pengemis yang masih tetap menggiurkan dan cara mencari uang yang mudah masih menjadi target mereka yang malas bekerja.

Kampanye ini merupakan project khusus selain penyerahan donasi rutin dari donatur yang telah kami lakukan hampir tiap bulannya. Tujuan utama dari kampanye ini lebih menyadarkan masyarakat akan keberadaan solia di sekitar mereka, membeli langsung jualan solia tersebut atau menggunakan jasanya lalu mempromosikan dagangan mereka ke teman baik secara mulut ke mulut atau melalui online.

Bagi kawan yang ada di Jakarta Pusat, Barat, Selatan, Timur hingga Utara, silahkan datang ke lokasi acara #KNJCampaignProject yang akan kami share jelang hari pelaksanaan. Bagaimana tepatnya kalian bisa berkontribusi, silahkan cek terus akun media sosial KNJ ya..

See you all there, sahabat KNJ!

Do what you can do to show you care about other people, and you will make our world a better place. -Rosalynn Carter

 

Penulis: Mentari Novel
Editor: Eny Wulandari

 

 

 

 

4 Replies to “Empat Hal Ikutan #KNJCampaignProject Bakal Bikin 2017 Kamu Terasa Spesial”

  1. MJ says:

    Asli Keren

  2. Joe says:

    Wah pasti acaranya keren, sukses buat KNJ

  3. Ilham says:

    Different . Extraordinary .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close Search Window